TABRAKAN KERETA API DI CICALENGKA MENYISAKAN TRAGEDI DI DUNIA TRANSPORTASI DARAT DI INDONESIA

Bandung, detikakuratnews,-  Kereta Api (KA) Turangga dan KA Lokal Bandung Raya tabrakan di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar). Empat orang tewas dalam kecelakaan ini.
Insiden maut itu terjadi di jalur petak Stasiun Cicalengka-Haurpugur, Jumat (5/1) pukul 06.03 WIB. Akibat kecelakaan itu, Mengakibatkan peralihan beberapa perjalanan kereta api.

KA Turangga  berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng menuju Bandung. Sedangkangkan KA Lokal Bandung Raya berangkat dari Stasiun Padalarang menuju Cicalengka.

Keduanya lalu terlibat tabrakan di KM 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur-Stasiun Cicalengka pada Jumat (5/1) pukul 06.03 WIB. Kecelakaan menyebabkan bagian depan kereta mengalami rusak berat.

“Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan turut prihatin dan berduka cita atas korban terdampak akibat insiden di Kecamatan Cikuya, Cicalengka, Bandung, pada lintas Cicalengka-Haurpugur KM 181+700 tanggal 5 Januari 2024 pukul 06.03 WIB,” kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal dalam keterangannya.

Sebanyak empat orang dilaporkan tewas dalam kecelakaan ini, terdiri dari masinis, asisten masinis, pramugara, dan sekuriti. Adapun korban meninggal dunia bernama Julian Dwi Setiyono, Ponisam, Ardiansyah, dan Enjang Yudi.

PT KAI sangat berduka dan menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya empat petugas KA, terdiri atas masinis, asisten masinis, pramugara, dan sekuriti akibat peristiwa kecelakaan kereta api  antara KA Turangga relasi Surabaya Gubeng-Bandung dan Kereta Lokal Bandung Raya,” tulis PT KAI dalam situs resminya.

Sementara itu, EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji juga menyampaikan duka cita atas meninggalnya empat petugas KA dalam kecelakaan KA Turangga dan KA Lokal Bandung Raya di Cicalengka, Jawa Barat.

“Kami sangat berduka atas meninggalnya sejumlah petugas KA akibat kecelakaan tersebut. Kami sangat mengapresiasi jasa mereka yang telah berkontribusi terhadap perusahaan,” Pungkasnya. (Hendra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *